Rabu, 13 Maret 2013

Tips Menjaga Tubuh Supaya Tidak Mudah Terkena Penyakit

Sejumlah kebiasaan bisa menjadi cara menangkal penyakit.

Kehidupan di perkotaan memang sering membuat para penghuninya terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang menjauhkan diri dari aktivitas fisik atau olahraga. Hal-hal inilah yang mengakibatkan tubuh menjadi mudah terkena penyakit. Berikut sejumlah tips supaya Anda tidak mudah terkena penyakit terutama saat cuaca sedang tidak menentu.


1. Bertemanlah dengan udara segar
.
Fakta umum mengatakan bahwa tinggal di dalam rumah, di tempat yang hangat dan adem, lebih mudah berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh Anda daripada berada di luar di udara dingin. Masalahnya, berada terlalu lama di dalam rumah membuat Anda memiliki kontak dekat dengan orang di sekitar Anda dan tentunya penyakit serta virus.

Tidak hanya mencari udara segar, memberikan istirahat dari semua kuman yang bersirkulasi di dalam, tapi pergi untuk berjalan-jalan benar-benar dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

"Latihan menyebabkan peningkatan sel-sel pembunuh alami, neutrofil, dan monosit, yang akhirnya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh," kata Ali Ather, ND, MPH, asisten direktur komplementer/ Pengobatan Alternatif Penelitian di Pusat Penelitian Yale-Griffin Prevention.


2. Relaksasi mampu mengalahkan penyakit flu dan demam
.
Ada triliun alasan mengapa Anda harus mengambil waktu untuk bersantai, mungkin bersantai adalah hal terakhir yang Anda taruh di daftar kegiatan sehari-hari. Tapi di sini bersantaiharus menjadi prioritas: "karena dengan tubuh dan pikiran yang rileks mampu meningkatkan  day atahan tubuh Anda sehingga jarang terkena flu," kata Ali. Itu mungkin karena, dalam jangka panjang, itu mengarah ke rilis hormon stres yang sedang berlangsung, seperti glukokortikoid.
   
3. Membersihkan tangan sangatlah penting.
Demam dan flu dapat dengan mudah menyebar lewat sentuhan. Jauhkan jari Anda dari mata, hidung, dan mulut sesering  mungkin, dan pastikan untuk selalu mencuci tangan. Sabun dan air tetap alat yang paling efektif ada, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.



Kuman dapat tumbuh pada sabun batangan, jadi gunakan sabun yang dipencet dan memilih sabun yang anti bakteri. Biarkan tangan Anda dipenuhi busa selama 20 detik sebelum dibilas, dan pastikan benar-benar kering  "Tangan yang basah jauh lebih mungkin untuk menyebarkan bakteri dari yang kering," kata Dana Simpler, MD, seorang dokter perawatan primer di Mercy Medical Center di Baltimore.


4. Istirahat cukup dan teratur

Mengatur pola tidur sangat dianjurkan. Jangan sampai begadang atau terlalu banyak tidur. Kurangnya waktu tidur dapat menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda. Meskipun para ahli sering mengatakan bahwa kebutuhan tidur berbeda di setiap individu.

"Bagi banyak dari kita, satu-satunya waktu yang tenang saat memikirkan hal ini adalah ketika kita sedang berbaring menjelang tidur Sayangnya, pemecahan masalah di tempat tidur mengganggu tidur," kata Leslie Swanson, PhD. seorang spesialis tidur di departemen psikiatri di University of Michigan, Ann Arbor.

Tidak ada komentar: