Rabu, 13 Maret 2013

Mengantuk Saat Berpuasa? Lakukan Tips Ini

Segera berwudhu dan salat, luangkan waktu sejenak untuk istirahat, serta lakukan peregangan. Mudah kan?

Hampir semua umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadan, pasti pernah bahkan sering merasa kantuk di siang hari, terutama ketika sibuk melakukan aktivitas sehari-harinya.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya agar rasa kantuk tersebut tidak mengganggu aktivitas Anda?

Dokter Mohammad Caesario, SSi, MSi, DT&CC, dari First TC Montréal, Québéc, Kanada, mengatakan, rasa kantuk yang kerap menyerang terutama pada siang hari terjadi karena aktivitas tidur selama bulan ramadan cenderung berkurang.

"Setiap hari kita disunahkan untuk bangun tidur lebih pagi untuk sahur, setelah itu salat Subuh. Tak lama berselang kita pun harus melakukan aktivitas rutin seperti sekolah atau bekerja. Inilah yang menyebabkan kita jadi kurang tidur," jelasnya kepada Beritasatu.com.

Nah, untuk mengatasi rasa kantuk tersebut, dokter yang akrab disapa Rio ini memberikan beberapa tips sebagai berikut:

1. Segera Wudhu dan Salat
Rasa kantuk biasanya cenderung terjadi di siang hari, tapi cara yang paling tepat untuk mengurangi rasa kantuk adalah dengan menyegerakan mengambil wudhu dan membasuh muka Anda untuk segera salat dzuhur.

2. Tidur Siang Sejenak
Apapun yang Anda lakukan selama di bulan Ramadan selama tidak merugikan orang lain dan halal dinilai Allah SWT sebagai ibadah yang mendatangkan berkah dan pahala, bahkan tidur pun demikian.

Oleh karena itu, luangkan waktu walau sejenak untuk istirahat dan tidur siang setelah melakukan salat. Namun perlu diingat, jangan tidur siang terlalu lama, karena selain akan membuat tubuh lemas juga dapat mengganggu aktivitas Anda.

3. Stretching (Peregangan)
Stretching atau meregangkan badan juga dapat membantu aliran darah ke seluruh tubuh, terutama kepala. Latihan ini bisa membantu menghilangkan rasa kantuk. Lakukan peregangan secara teratur ditambah dengan pijatan ringan pada daerah kepala dan wajah.

Dengan melakukan tiga tips tersebut, dijamin tubuh Anda akan segar dan bersemangat lagi, serta rasa kantuk pun hilang. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: